Elemen - Elemen Microsoft Word (Program Aplikasi Komputer)


LAPORAN 1
PROGRAM APPLIKASI PERKANTORAN
ELEMEN-ELEMEN MICROSOFT WORD











DISUSUN OLEH :
NURHIKMAH JASMIR (20162205126)
TI.15

STMIK AKBA
2016
DAFTAR PENILAIAN

NAMA
A
B
C
D
NURHIKMAH JASMIR






Mengetahui dosen pembimbing,


NOVITA WULANDARI, S.PD










KATA PENGANTAR

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Alhamdulillahirabbilalamin, banyak nikmat yang Allah berikan, tetapi sedikit sekali yang kita ingat.Segala puji hanya layak untuk Tuhan seru sekalian alam atas segala berkat, rahmat, taufik, serta hidayah-Nya yang tiada terkira besarnya, sehingga penulis dapat menyelesaikan laporan praktikum mengenai Elemen-Elemen dari Microsoft Office Word.
Laporan ini disusun sebagai salah satu tugas individu dalam praktikum mata kuliah Program Aplikasi Perkantoran.Tentunya dalam pembuatan laporan ini, penulis mendapat bantuan dari berbagai pihak.Oleh karena itu pada kesempatan ini penulis mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang tidak dapat penulis sebutkan satu persatu yang turut serta membantu pembuatan laporan ini.
Akhir kata semoga laporan ini bisa bermanfaat bagi pembaca pada umumnya dan penulis pada khususnya, penulis menyadari bahwa dalam pembuatan laporan ini masih jauh dari kesempurnaan, untuk itu penulis berharap menerima saran dan kritik yang bersifat membangun demi perbaikan ke arah kesempurnaan. Akhir kata penulis sampaikan terima kasih.
Wassalam.

Makassar, 2 Oktober 2016

Penulis


DAFTAR ISI

 


BAB I ……………………………………………………………………………....
1.1   
Rumusan Masalah ……………………………………………….………..
1.2    
Tujuan …………………………………………………………….……….

BAB II ……………………………………………………………….…………….
2.1 
Office Button …………………………………………….….………...........
2.2 
Tab ………………………………………………….………………............
2.3 
Group ……………………………………………….……………….……...
2.4 
Quick Access Toolbar ……………………………………..……………….
2.5 
Dialog Box Launcher (Tombol Dialog) ………………………..………….
2.6 
Garis Mistar …………………………………………………...…..……….
2.7 
Baris Status …………………………………………………...…...……….
2.8 
Tombol Pengatur Tampilan Kerja ………………...……………………..
2.9 
Zoom Level …………………………………………...…………………….

BAB III …………………………………………………………………………….
3.1 Kesimpulan …………………………………………...………………........

 






BAB I
PENDAHULUAN

1.1    Rumusan Masalah
1.  Apa saja elemen-elemen yang terdapat di dalam Microsoft Office Word?
2.    Apa pengertian dan fungsi dari tiap elemen-elemen dalam Microsoft Office Word?

1.2    Tujuan
1.  Mengetahui elemen-elemen yang terdapat dalam Microsoft Office Word
           2.    Mengetahui pengertian dan fungsi dari elemen-elemen yang terdapat pada Microsoft Office Word



BAB II
ISI

Elemen-Eleman Yang Terdapat Pada Microsoft Office Word
2.1    Office Button

Office Button adalah tombol berbentuk bulat di sebelah kiri atas pada produk Ms Office.
Fungsi Office Button adalah untuk menampilkan menu-menu seperti:
1.    New, berfungsi untuk membuka dokumen baru
2.    Open, berfungsi untuk membuka dokumen yang telah tersimpan
3.    Save, berfungsi untuk menyimpan data yang dibuat dan disetting
4.    Save As, berfungsi untuk menyimpan file dalam format sesuai kepentingan
5.    Print, berfungsi untuk mencetak data menjadi bentuk kertas
6.    Prepare, berfungsi untuk menyiapkan file data untuk didistribusikan dengan memberi property
7.    Send, berfungsi untuk mengirimkan file yang dibuka lewat E-mail
8.    Publish, berfungsi untuk mempublikasikan file yang dibuka pada web
9.    Close, berfungsi untuk menutup dokumen yang sedang aktif

2.2    Tab

Tab adalah jajaran menu pilihan yang berada di samping office button dan bertujuan untuk menampilkan ikon-ikon yang telah dibagi dalam beberapa grup. Tab terdiri atas beberapa pilihan sub Tab, yaitu Home, Insert, Page Layout, References, Mailings, Review dan View.

2.3    Grup
1.    Tab Home
a.    Grup Clipboard
Grup Clipboard terdiri atas Copy, Cut dan Paste
1)   Copy, berfungsi untuk menggandakan apapun yang telah kita buat di dalam dokumen
2)  Cut, berfungsi untuk memotong atau memindahkan apapun yang telah kita buat di dalam dokumen ke tempat atau posisi yang lain pada dokumen
3)   Paste, berfungsi untuk menampilkan kembali apapun yang telah kita Copy atau Cut di dalam suatu dokumen
4)   Format Painter, berfungsi untuk meniru format halaman dokumen ke dalam dokumen lainnya.

b.    Grup Font
1)        Font, berfungsi untuk memilih jenis huruf
2)        Font Size, berfungsi untuk mengatur ukuran huruf
3)        Grow Font, berfungsi untuk memperbesar ukuran huruf secara instan
4)        Shrink Font, berfungsi untuk memperkecil ukuran huruf secara instan
5)        Change Case, berfungsi untuk mengubah status huruf kapital/huruf kecil
6)        Clear Formatting, berfungsi untuk menghapus pemformatan teks terpilih
7)        Bold, berfungsi untuk menebalkan teks terpilih
8)        Italic, berfungsi untuk memiringkan Teks terpilih
9)        Underline, berfungsi untuk memberikan garis bawah pada teks terpilih
10)    Strikethrough, berfungsi memberikan tanda coret padateks terpilih
11)    Subscript, berfungsi untuk mengetik karakter pemangkatan
12)    Superscript, berfungsi untuk mengetik karakter pemangkatan
13)    Text Effect, berfungsi untuk memberikan efek artistik pada teks terpilih
14)  Text Highlight Color, berfungsi untuk memberikan warna stabilo di belakang teks terpilih
15)    Font Color, berfungsi untuk mengatur warna teks terpilih.

c.    Grup Paragraph
Group Paragraph terdiri dari sekumpulan menu yang memiliki kesamaan fungsi untuk mengatur paragraf teks. perintah-perintah di Group Paragraph yaitu:
1)    Bullets, berfungsiuntuk memberikan tanda bullet di tiap paragraf terpilih
2)    Numbering, berfungsi untuk memberikan format penomoran di tiap paragraf terpilih
3)    Decrease, Indent berfungsi untuk menggeser baris kedua paragraf ke kiri
4)    Increase, Indent berfungsi untuk menggeser baris kedua paragraf ke kanan
5)    Left-to-Right, berfungsi untuk menjadikan arah teks berjalan dari kiri ke kanan (format Latin)
6)   Right-to-Left, berfungsi untuk menjadikan arah teks berjalan dari kanan ke kiri (format Arab)
7)       Sort, berfungsi untuk menyortir data
8)    Show Paragraph Marks, berfungsi untuk menampilkan/menyembunyikan tanda koreksi paragraf
9)        Align Text Left, berfungsi untuk mengatur teks rata kiri
10)    Center, berfungsi untuk mengatur teks rata tengah
11)    Align Text Right, berfungsi untuk mengatur teks rata kanan
12)    Justify, berfungsi untuk mengatur teks rata kanan-kiri
13)    Line Spacing, berfungsi untuk mengatur jarak antar baris teks
14)    Shading, berfungsi untuk mengatur warna latar teks terpilih
15)    Border, berfungsi untuk memberikan garis tepi pada teks terpilih

d.   Grup Styles
Group Styles terdiri dari dua menu. Yaitu:
1)        Heading Styles yaitu berisi pilihan format judul/subjudul dari paragraf terpilih
2)        Change Styles yaitu berisi pilihan pengaturan tema paragraf

e.    Editing
Secara umum group Editing terdiri dari Find, Replace, dan Select.
1)   Find,berfungsi untuk mencari kata tertentu berdasarkan keyword tertentu dalam suatu file
2)   Replace,berfungsi untuk mencari dan mengganti kata yang ditemukan untuk diganti dengan kata tertentu dalam suatu file
3)       Select,berfungsi digunakan untuk memilih objek atau teks tertentu di dalam suatu file

2.    Tab Insert

a.    Group Page
1)      Cover Page,berfungsi untuk membuat cover dari halaman yang dibuat.
2)      Blank Page,berfungsi untuk menyisipkan satu halaman kosong tepat dibawah halaman kerja.
3)   Page Break,fungsinya hampir sama dengan tombol blank page, yaitu untuk memulai halaman baru pada baris terpilih.

b.    Group Tables
Pada tombol ini, anda dapat memasukkan atau menyisipkan, atau membuat tabel--tabel sesuai dengan keinginan anda ataupun memasukkan dan menyisipkan tabel dari Excel Spreadsheet dengan mudah dan cepat.

c.    Group Illustrations
1)        Picture,berfungsi untuk memasukkan atau menyisipkan file-file foto atau gambar.
2)   Clip Art,berfungsiuntuk memasukkan dan menambahkan koleksi clip art yang sudah ada dari microsoft office yang dapat berupa video, audio atau ilustrasi yang lain.
3)     Shapes, berfungsiuntuk memasukkan berbagai bentuk shapes yang dapat berupa garis, anak panah, segitiga, lingkaran, kubus dan  lain sebagainya.
4)  SmartArt,berfungsi untuk memasukkan berbagai SmartArt yang berisi graphic atau gambar-gambar yang sudah ada dan bawaan dari microsoft office word.
5)        Chart,berfungsi untuk menyisipkan dan memasukkan grafik yang dapat berupa kolom, pie, garis, pie dan lain sebagainya.
6)      Screenshot, berfungsi untuk memasukkan dan menyisipkan screenshot hasil tangkapan layar monitor pada saat itu.

d.   GroupLink
1)   Hyperlink, berfungsi untuk memasukkan dan menyisipkan suatu Hyperlink [alamat dalam bentuk link] yang dapat mengarah kepada alamat sebuah file atau alamat sebuah website.
2)        Bookmark,berfungsi untuk menambahkan dokumen yang difavoritkan.
3)        Cross-reference fungsinya sama dengan Hyperlink

e.    Group Header & footer
1)         Header,berfungsi untuk menyisipkan atau menambahkan header
2)         Footer,berfungsi untuk menyisipkan atau menambahkan footer
3)      Page Number,berfungsi untuk menambahkan nomer halaman pada tiap halaman dari dokumen.

f.     Kelompok Text
1)       Text Box,berfungsi untuk menyisipkan atau menambahkan text box atau tulisan yang berada dalam sebuah kotak yang bisa geser ke kanan dan ke kiri sesuai keinginan dan kebutuhan.
2)   Quick Part,berfungsi untuk memasukkan field,autoText dan dokumen properties lainnya.
3)   WordArt,berfungsi menyisipkan dan menambahkan WordArt atau seni dan bermacam-macam tipe huruf dari text yang ada.
4)         Drop Cap,berfungsi memberi efek Drop Cap atau salah satu atau beberapa huruf awal akan tampak lebih besar dari huruf yang lainnya dan menyatu atau embed dengan huruf lainnya
5)    Signature Line, berfungsi menyisipkan atau menambahkan signature line atau baris tanda tangan pada dokumen.
6)     Date & Time, berfungsi untuk menyisipkan dan menambahkan waktu dan jam sekarang [saat anda membuat dokumen pengolah kata word].
7)   Object,berfungsi untuk menyisipkan object yang dapat berupa text, open office dokumen, pdf dokumen, gambar dari aplikasi lain seperti photoshop dan object-object lain yang sudah anda buat dalam bentuk file.

g.    Group Symbols
1)   Equation,berfungsi menyisipkan atau menambahkan equation atau rumus-rumus penjumlahan, perkalian dalam matematika.
2)         Symbol, berfungsi untuk memasukkan dan menyisipkan simbol-simbol.

3.    Tab Page Layout

a.    Group Themes
1)        Themesdigunakan untuk menganti tema halaman kerja.
2)        Color digunakan untuk mengganti warna teks dan background.
3)        Fon: digunakan untuk mengubah model teks.
4)        Effect digunakan untuk menambahkan effek warna teks dan background.

1)   Margins digunakan untuk menentukan jarak tulisan dari samping kiri dan kanan halaman kerja.
2)   Orientation digunakan untuk menentukan halaman kerja (kertas)horizontal atau vertikal.
3)        Size digunakan untuk menentukan ukuran halaman kerja atau kertas.
4)        Columns digunakan untuk menentukan jumlah kolom di dalam halaman kerja.
5)        Breaks digunakan untuk menentukan jarak antar kolom halaman.
6)        Line number digunakan untuk menambahkan nomor di setiap baris teks.
7)        Hyphenation digunakan untuk memisahkan suku kata dengan tanda penghubung.

1)  Watermark digunakan untuk menambahkan tanda air di background halaman menggunakan teks atau gambar.
2)        Page color digunakan untuk mengubah warna halaman kerja menggunakan warna.
3)        Page borders digunakan untuk membuat garis di pinggir halaman kerja.

d.   Group Paragraph
1)        Indent digunakan untuk mengatur jarak teks kiri dan kanan.
2)        Spacing digunakan untuk mengatur jarak antara atas dan bawah paragraph.

1)        Position digunakan untuk menentukan posisi objek gambar.
2)        Bring to fornt digunakan untuk menentukan posisi objek lain dengan yang lainya.
3)   Send to back digunakan untuk mengembalikan objek lain dengan yang lainya( kebalikan dari Bring to fornt).
4)        Text wrapping digunakan untuk meratakan teks supaya mengikuti objek.
5)        Align digunakan untuk meluruskan posisi objek.
6)       Group digunakan untuk menghubungkan antar objek satu dengan yang lainya supaya lebih mudah mengatur posisi objek.
7)        Rotate digunakan untuk memutar posisi objek gambar.
  
4.    Tab References

a.    Group Table of Contens

1)        Table of Contens digunakan untuk pengelolaan daftar isi.
2)        Add Text digunakan untuk mengelola paragraf terpilih dalam kaitannya sebagai entri dalam daftar isi yang sudah dibuat.
3)        Update Table digunakan untuk memperbarui daftar isi.

b.    Group Footnotes

1)        Insert Footnote digunakan untuk menyisipkan catatan kaki (rujukan yang berada di bagian bawah halaman atau footer).
2)        Next Footnote berfungsi untuk memantau footnote dan endnote.
3)  Icon Show Notes digunakan untuk memperlihatkan lokasi catatan, baik footnote maupun endnote. 

c.    Group Citation & Bibliography

1)        Insert Citation digunakan untuk menyisipkan kutipan langsung pada daerah kursor aktif.
2)        Manage Sources digunakan untuk mengelola seluruh sumber kutipan yang mungkin sudah disisipkan di semua segmen file dokumen.
3)        Menu Style berfungsi untuk memilih bentuk bibliography yang diinginkan.
4)   Menu Bibliography digunakan untuk menyisipkan daftar pustaka ke dalam file dokumen aktif. 

d.   Group Captions

1)        Insert Caption digunakan untuk membubuhkan keterangan seputar ilustrasi atau gambar yang sudah disisipkan.
2)        Insert Table of Figures digunakan untuk menyisipkan daftar isi gambar yang disisipkan ke dalam dokumen.
3)        Update Table digunakan untuk melakukan pembaruan terhadap daftar katalog gambar.
4)        Cross-reference berfungsi untuk menyisipkan referensi silang. 

e.    Group Index

1)        Mark Entry digunakan untuk menandai masukan baru dalam dokumen.
2)        Insert index digunakan untuk menyisipkan daftar kata (indeks) ke dalam dokumen.
3)        Update Index digunakan untuk memperbarui daftar indeks terkini.

5.    Tab Mailings

a.    Group Create
1)        Envelopes berfungsi untuk membuat dan mencetak sampul (envelopes).
2)        Labels berfungsi untuk membuat dan mencetak labels.

b.    Group Start Mail Merge
1)        Start Mail Merge untuk membuat surat yang biasa atau berupa email untuk banyak orang.
2)        Select Recipients untuk membuat daftar penerima surat.
3)        Edit Recepient List untuk mengubah daftar penerima surat.

c.    Group Write & Insert Fields
1)        Highlight Merge Fields untuk mempermudah mengubah informasi yang salah.
2)        Address Block untuk memasukkan alamat pada surat yang akan dituju.
3)        Greeting Line untuk menambah nama sapaan.
4)        Insert Merge Field untuk menambah informasi mengenai penerima surat.

d.   Group Preview Results
1)        Preview Results untuk melihat hasil surat yang dibuat dan daftar penerima surat.
2)        Find Recipient untuk mencari daftar penerima surat.

e.    Group Finish
Finish& Merge untuk mengetahui bahawa surat yang dibuat sudah lengkap.

6.    Tab Review

a.    Group Proofing 
1)        Spelling&Grammer adalah untuk memeriksa ejaan.
2)        Research adalah untuk membuka panel penelitian referensi.
3)        Thesaurus adalah untuk memberikan saran yang sepadan.
4)        Translate adalan untuk menerjemh kan ke bahas lain.
5)        Translation Screen Tip adalah untuk memungkinkan suatu screen tipe menerjemahkan kebahasa lain pada kata dikursor yang berhenti.
6)        Set Language adalah untuk mengatur bahasa dengan mengecek dulu ejaan dan tata bahasa yang terpilih.
7)        Woud Countadalah untuk menemukan banyak kata, paragraf dan kalimat didalam dokument.

b.    Group Comments
1)        New Comments adalah untuk memasukan komentar baru.
2)        Delete adalah untuk menghapus komentar.
3)        Previous adalah untuk memperlihatkan komentar sebelumnya.
4)        Next adalah untuk memperlihatkan komentar selanjutnya.

c.    Group Tracking
1)        Track Changes adalah untuk menelusuri perubahan yang terjadi pada dokument.
2)        Ballons adalah untuk memilih atau melihat hasil kerja yang telah direfisi.
3)        Final Showing Markup adalah untuk memilih bagai mana memandang perubahan yang diusulkan pada dokument.
4)        Show Markup adalan untuk memilih markup seperti apa untuk menunjukan dokument.
5)        Reviewing Pane adalah untuk menunjukan suatu revisi pada jendela yang terpisah.

d.   Group Changes
1)        Accept adalah untuk menerima perubahan baru dan mengusulkan perubahan selanjutnya
2)        Reject adalah untuk menolak perubahan baru dan mengusulkan perubahan selanjutnya
3)        Previous adalah untuk menampilkan refisi sebelumnya didalam dokumen sehingga dapat meneripa atau pun menolak
4)        Next adalah untuk menampilkan dokumen yang dapat diterima atau pun ditolak

e.    Group Compare
1)        Compare adalah untuk mengkombinasikan berbagai versi dari dokument.
2)        Show Source Documents adalah untuk menunjukan sumber dokumen terpilih

f.     Group Protect
Protect Dokumets adalah untuk melindungi hasil kerja karena merupakan sebuah privasi.

7.    Tab View

a.    Group Documents Views

1)        Print Layout adalah untuk melihat hasil kerja yang akan dicetak.
2)        Full Screen Reading adalah untuk melihat dan membaca hasil kerja dengan ukuran maksimal.
3)        Wab Layout adalah untuk melihat hasil kerja wab.
4)        Outline View adalah untuk melihat hasil kerja sesuai dengan urutan atau bagan.
5)        Draft View adalah untuk melihat hasil kerja sesuai dengan konsep.

b.    Group Show/Hide

1)        Ruler adalah untuk menampilkan penggaris yang digunakan untuk mengukur objek dalam dokumen.
2)        Gridliens adalah untuk  menghidupkan gridlines yang dapat menyelesaikan objek dalam dokument.
3)        Message Bar adalah untuk membuka tab pesan untuk menyelesaikan tindakan yang diperlukan pada dokument.
4)        Dokument Map adalah untuk membuka peta dokument yang memungkinkan anda untuk menavigasi melalui panduan struktural pada dokument.
5)        Tumnbnails adalah untuk menavigasi dokument yang panjang melalui gambar kecil dari setiap halaman.

c.    Group Zoom

1)        Zoom adalah untuk perbesar tampilan dalam dokument.
2)        100%  adalah untuk perbesar hasil lembar kerja kedalam satu halaman normal.
3)        One Page adalah untuk melihat hasil kerja kedalam satu halaman penuh.
4)        Tow Page adalah untuk melihat hasil kerja kedalam dua halaman penuh.
5)        Page Width adalah untuk melihat hasil lembar kerja sesuai dengan lembar halaman.

d.   Group Window

1)        New Window adalah untuk membuka jendela baru yang memperlihatkan dokument tersebut.
2)        Arrange All adalah untuk mengatur semua jendela program sejajar berdampingan.
3)        Split Window adalah untuk membagi jendela menjadi beberapa panel yang memperlihatkan lembar kerja anda.
4)        View Side By Side adalah untuk memperlihatkan jendela berdampingan.
5)        Synchronous Scrolling adalah untuk membuat jendela menggulung berdampingan.
6)        Riset Window Position adalah untuk menset ulang jendela berdampingan.
7)        Swicht Window adalah untuk mengalihkan sebuah bermacam termaksud membuka jendela.

e.    Group Macros

Macros adalah untuk merekam makro atau menerima pengaturan makro lainnya.

2.4    Quick Access Toolbar

Quick Access Toolbar adalah toolbar yang isinya adalah sejumlah perangkat atau tombol-tombol perintah untuk akses cepat pada saat kita bekerja menggunakan Microsoft Word. Sebagai contoh, tool Open merupakan shortcut dari Office Button>Open, atau tool Save merupakan shortcut dari Office Button>Save.

2.5    Dialog Box Launcher (Tombol Dialog)

Dialog Box Launcher merupakan kotak dialog yang terdapat pada setiap menu dan dapat diperbesar dengan cara mengklik ikon panah kecil yang terdapat pada pojok. Funsi dari Dialof Box Launcher hamper sama dengan toolbar yakni memuat sekumpulan icon-icon yang berisi perintah-perintah. 

2.6    Garis Mistar

Garis mistar digunakan sebagai penanda posisi tinggi kertas serta merupakan alat bantu dalam mengukur margin, tabulasi, dan paragraph. Satuan ukuran dapat dipilih sesuai keinginan seperti centimenter, inchi, millimeter, point, atau pica.Ruler terdiri atas dua macam, yaitu vertical dan horizontal.

2.7    Baris Status

Baris status adalah baris yang berisi keterangan yang menunjukkan lembar kerja yang saat itu digunakan/dikerjakan.
Baris status berfungsi untuk menunjukkan dan memberi informasi tentang halaman yang ditampilkan, jumlah kata, dan bahasa yang digunakan kepada pengguna / user.

2.8    Tombol Pengatur Tampilan Kerja

Tombol pengatur tampilan kerja merupakan bagian yang berisi sederetan tombol perintah untuk bentuk tampilan kerja.Berfungsi untuk mengatur bentuk tampilan kerja. Ada tiga pilihan tampilan lembar kerja yaitu page break preview, page layout, dan normal.

2.9    Zoom Level

Zoom level adalah pengatur ukuran tampilan kerja yang berfungsi untuk mengatur perbesaran dan pengecilan tampilan lembar kerja.


BAB III
KESIMPULAN

3.1  Kesimpulan
Microsoft Office Word terdiri atas beberapa elemen, yaitu Office Button, Tab,  Group, Quick Access Toolbar, Dialog Box Launcher (Tombol Dialog), Garis Mistar, Baris Status, Tombol Pengatur Tampilan Kerja dan Zoom Level. Dimana masing-masing elemen tersebut memiliki fungsi dan peranan tersendiri untuk membantu kita dalam penyusunan maupun pengeditan sebuah data.



Untuk Mengunduh File Asli, Silahkan Klik Di sini

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Makalah Jam Sistem Digital