Elemen - Elemen Microsoft Word (Program Aplikasi Komputer)
PROGRAM
APPLIKASI PERKANTORAN
ELEMEN-ELEMEN
MICROSOFT WORD
DISUSUN OLEH :
NURHIKMAH
JASMIR (20162205126)
TI.15
STMIK AKBA
2016
DAFTAR PENILAIAN
NAMA
|
A
|
B
|
C
|
D
|
NURHIKMAH
JASMIR
|
Mengetahui
dosen pembimbing,
NOVITA
WULANDARI, S.PD
KATA PENGANTAR
Assalamualaikum
warahmatullahi wabarakatuh.
Alhamdulillahirabbilalamin,
banyak nikmat yang Allah berikan, tetapi sedikit sekali yang kita ingat.Segala
puji hanya layak untuk Tuhan seru sekalian alam atas segala berkat, rahmat,
taufik, serta hidayah-Nya yang tiada terkira besarnya, sehingga penulis dapat
menyelesaikan laporan praktikum mengenai Elemen-Elemen dari Microsoft Office
Word.
Laporan
ini disusun sebagai salah satu tugas individu dalam praktikum mata kuliah
Program Aplikasi Perkantoran.Tentunya dalam pembuatan laporan ini, penulis
mendapat bantuan dari berbagai pihak.Oleh karena itu pada kesempatan ini
penulis mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang
tidak dapat penulis sebutkan satu persatu yang turut serta membantu pembuatan
laporan ini.
Akhir
kata semoga laporan ini bisa bermanfaat bagi pembaca pada umumnya dan penulis
pada khususnya, penulis menyadari bahwa dalam pembuatan laporan ini masih jauh
dari kesempurnaan, untuk itu penulis berharap menerima saran dan kritik yang
bersifat membangun demi perbaikan ke arah kesempurnaan. Akhir kata penulis
sampaikan terima kasih.
Wassalam.
Makassar, 2
Oktober 2016
Penulis
DAFTAR ISI
BAB I ……………………………………………………………………………....
1.1
Rumusan Masalah ……………………………………………….………..
Rumusan Masalah ……………………………………………….………..
1.2
Tujuan …………………………………………………………….……….
Tujuan …………………………………………………………….……….
BAB II ……………………………………………………………….…………….
2.1
Office Button …………………………………………….….………...........
Office Button …………………………………………….….………...........
2.2
Tab ………………………………………………….………………............
Tab ………………………………………………….………………............
2.3
Group ……………………………………………….……………….……...
Group ……………………………………………….……………….……...
2.4
Quick Access Toolbar ……………………………………..……………….
Quick Access Toolbar ……………………………………..……………….
2.5
Dialog Box Launcher (Tombol Dialog) ………………………..………….
Dialog Box Launcher (Tombol Dialog) ………………………..………….
2.6
Garis Mistar …………………………………………………...…..……….
Garis Mistar …………………………………………………...…..……….
2.7
Baris Status …………………………………………………...…...……….
Baris Status …………………………………………………...…...……….
2.8
Tombol Pengatur Tampilan Kerja ………………...……………………..
Tombol Pengatur Tampilan Kerja ………………...……………………..
2.9
Zoom Level …………………………………………...…………………….
Zoom Level …………………………………………...…………………….
BAB III …………………………………………………………………………….
3.1 Kesimpulan
…………………………………………...………………........
BAB I
PENDAHULUAN
1.1
Rumusan Masalah
1. Apa saja
elemen-elemen yang terdapat di dalam Microsoft Office Word?
2.
Apa pengertian
dan fungsi dari tiap elemen-elemen dalam Microsoft Office Word?
1.2
Tujuan
1. Mengetahui
elemen-elemen yang terdapat dalam Microsoft Office Word
2. Mengetahui pengertian dan fungsi dari elemen-elemen yang
terdapat pada Microsoft Office Word
BAB II
ISI
Elemen-Eleman Yang Terdapat Pada Microsoft Office
Word
2.1
Office Button
Office
Button adalah tombol berbentuk bulat di sebelah kiri atas pada produk Ms
Office.
Fungsi
Office Button adalah untuk menampilkan menu-menu seperti:
1.
New, berfungsi
untuk membuka dokumen baru
2.
Open, berfungsi
untuk membuka dokumen yang telah tersimpan
3.
Save, berfungsi
untuk menyimpan data yang dibuat dan disetting
4.
Save As,
berfungsi untuk menyimpan file dalam format sesuai kepentingan
5.
Print, berfungsi
untuk mencetak data menjadi bentuk kertas
6.
Prepare,
berfungsi untuk menyiapkan file data untuk didistribusikan dengan memberi
property
7.
Send, berfungsi
untuk mengirimkan file yang dibuka lewat E-mail
8.
Publish,
berfungsi untuk mempublikasikan file yang dibuka pada web
9.
Close, berfungsi
untuk menutup dokumen yang sedang aktif
2.2
Tab
Tab
adalah jajaran menu pilihan yang berada di samping office button dan bertujuan
untuk menampilkan ikon-ikon yang telah dibagi dalam beberapa grup. Tab terdiri
atas beberapa pilihan sub Tab, yaitu Home, Insert, Page Layout, References,
Mailings, Review dan View.
2.3
Grup
1.
Tab Home
a. Grup Clipboard
Grup Clipboard terdiri atas Copy, Cut dan Paste
1) Copy, berfungsi untuk menggandakan apapun yang telah
kita buat di dalam dokumen
2) Cut, berfungsi untuk memotong atau memindahkan
apapun yang telah kita buat di dalam dokumen ke tempat atau posisi yang lain
pada dokumen
3) Paste, berfungsi untuk menampilkan kembali apapun
yang telah kita Copy atau Cut di dalam suatu dokumen
4)
Format Painter,
berfungsi untuk meniru format halaman dokumen ke dalam dokumen lainnya.
b. Grup Font
1)
Font, berfungsi untuk memilih jenis huruf
2)
Font Size, berfungsi untuk mengatur ukuran
huruf
3)
Grow Font, berfungsi untuk memperbesar ukuran
huruf secara instan
4)
Shrink Font, berfungsi untuk memperkecil
ukuran huruf secara instan
5)
Change Case, berfungsi untuk mengubah status
huruf kapital/huruf kecil
6)
Clear Formatting, berfungsi untuk menghapus
pemformatan teks terpilih
7)
Bold, berfungsi untuk menebalkan teks terpilih
8)
Italic, berfungsi untuk memiringkan Teks
terpilih
9)
Underline, berfungsi untuk memberikan garis
bawah pada teks terpilih
10)
Strikethrough, berfungsi memberikan tanda
coret padateks terpilih
11)
Subscript, berfungsi untuk mengetik karakter
pemangkatan
12)
Superscript, berfungsi untuk mengetik karakter
pemangkatan
13)
Text Effect, berfungsi untuk memberikan efek
artistik pada teks terpilih
14) Text Highlight Color, berfungsi untuk
memberikan warna stabilo di belakang teks terpilih
15)
Font Color, berfungsi untuk mengatur warna
teks terpilih.
c. Grup Paragraph
Group Paragraph terdiri dari
sekumpulan menu yang memiliki kesamaan fungsi untuk mengatur paragraf teks.
perintah-perintah di Group Paragraph yaitu:
1) Bullets, berfungsiuntuk memberikan tanda
bullet di tiap paragraf terpilih
2) Numbering, berfungsi untuk memberikan format
penomoran di tiap paragraf terpilih
3) Decrease, Indent berfungsi untuk menggeser
baris kedua paragraf ke kiri
4) Increase, Indent berfungsi untuk menggeser
baris kedua paragraf ke kanan
5) Left-to-Right, berfungsi untuk menjadikan arah
teks berjalan dari kiri ke kanan (format Latin)
6) Right-to-Left, berfungsi untuk menjadikan arah
teks berjalan dari kanan ke kiri (format Arab)
7) Sort, berfungsi untuk menyortir data
8) Show Paragraph Marks, berfungsi untuk
menampilkan/menyembunyikan tanda koreksi paragraf
9)
Align Text Left, berfungsi untuk mengatur teks
rata kiri
10)
Center, berfungsi untuk mengatur teks rata
tengah
11)
Align Text Right, berfungsi untuk mengatur
teks rata kanan
12)
Justify, berfungsi untuk mengatur teks rata
kanan-kiri
13)
Line Spacing, berfungsi untuk mengatur jarak
antar baris teks
14)
Shading, berfungsi untuk mengatur warna latar
teks terpilih
15)
Border, berfungsi untuk memberikan garis tepi
pada teks terpilih
d. Grup Styles
Group Styles terdiri dari dua
menu. Yaitu:
1)
Heading Styles yaitu berisi pilihan format
judul/subjudul dari paragraf terpilih
2)
Change Styles yaitu berisi pilihan pengaturan
tema paragraf
e. Editing
Secara umum group Editing terdiri dari Find, Replace, dan Select.
1) Find,berfungsi untuk mencari kata tertentu berdasarkan keyword tertentu dalam suatu file
2) Replace,berfungsi untuk mencari dan mengganti
kata yang ditemukan untuk diganti dengan kata tertentu dalam suatu file
3) Select,berfungsi digunakan untuk memilih objek
atau teks tertentu di dalam suatu file
2.
Tab Insert
a. Group Page
1) Cover
Page,berfungsi untuk membuat cover dari halaman yang dibuat.
2) Blank
Page,berfungsi untuk menyisipkan satu halaman kosong tepat dibawah halaman
kerja.
3) Page
Break,fungsinya hampir sama dengan tombol blank page, yaitu untuk memulai
halaman baru pada baris terpilih.
b. Group Tables
Pada tombol ini, anda dapat
memasukkan atau menyisipkan, atau membuat tabel--tabel sesuai dengan keinginan
anda ataupun memasukkan dan menyisipkan tabel dari Excel Spreadsheet dengan
mudah dan cepat.
c. Group Illustrations
1)
Picture,berfungsi
untuk memasukkan atau menyisipkan file-file foto atau gambar.
2) Clip
Art,berfungsiuntuk memasukkan dan menambahkan koleksi clip art yang sudah ada
dari microsoft office yang dapat berupa video, audio atau ilustrasi yang lain.
3) Shapes,
berfungsiuntuk memasukkan berbagai bentuk shapes yang dapat berupa garis, anak
panah, segitiga, lingkaran, kubus dan lain sebagainya.
4) SmartArt,berfungsi
untuk memasukkan berbagai SmartArt yang berisi graphic atau gambar-gambar yang
sudah ada dan bawaan dari microsoft office word.
5)
Chart,berfungsi
untuk menyisipkan dan memasukkan grafik yang dapat berupa kolom, pie, garis,
pie dan lain sebagainya.
6) Screenshot,
berfungsi untuk memasukkan dan menyisipkan screenshot hasil tangkapan layar
monitor pada saat itu.
d. GroupLink
1) Hyperlink,
berfungsi untuk memasukkan dan menyisipkan suatu Hyperlink [alamat dalam bentuk
link] yang dapat mengarah kepada alamat sebuah file atau alamat sebuah website.
2)
Bookmark,berfungsi
untuk menambahkan dokumen yang difavoritkan.
3)
Cross-reference
fungsinya sama dengan Hyperlink
e. Group Header & footer
1)
Header,berfungsi
untuk menyisipkan atau menambahkan header
2)
Footer,berfungsi
untuk menyisipkan atau menambahkan footer
3) Page
Number,berfungsi untuk menambahkan nomer halaman pada tiap halaman dari
dokumen.
f. Kelompok Text
1) Text
Box,berfungsi untuk menyisipkan atau menambahkan text box atau tulisan yang
berada dalam sebuah kotak yang bisa geser ke kanan dan ke kiri sesuai keinginan
dan kebutuhan.
2) Quick
Part,berfungsi untuk memasukkan field,autoText dan dokumen properties lainnya.
3) WordArt,berfungsi
menyisipkan dan menambahkan WordArt atau seni dan bermacam-macam tipe huruf
dari text yang ada.
4)
Drop
Cap,berfungsi memberi efek Drop Cap atau salah satu atau beberapa huruf awal
akan tampak lebih besar dari huruf yang lainnya dan menyatu atau embed dengan
huruf lainnya
5) Signature
Line, berfungsi menyisipkan atau menambahkan signature line atau baris tanda
tangan pada dokumen.
6) Date
& Time, berfungsi untuk menyisipkan dan menambahkan waktu dan jam sekarang
[saat anda membuat dokumen pengolah kata word].
7) Object,berfungsi
untuk menyisipkan object yang dapat berupa text, open office dokumen, pdf
dokumen, gambar dari aplikasi lain seperti photoshop dan object-object lain
yang sudah anda buat dalam bentuk file.
g. Group Symbols
1) Equation,berfungsi
menyisipkan atau menambahkan equation atau rumus-rumus penjumlahan, perkalian
dalam matematika.
2)
Symbol,
berfungsi untuk memasukkan dan menyisipkan simbol-simbol.
3. Tab
Page Layout
a. Group
Themes
1)
Themesdigunakan untuk menganti tema halaman kerja.
2)
Color digunakan untuk mengganti warna teks dan background.
3)
Fon:
digunakan untuk mengubah model teks.
4)
Effect digunakan untuk menambahkan effek warna teks dan
background.
1) Margins digunakan untuk menentukan jarak tulisan dari samping kiri
dan kanan halaman kerja.
2) Orientation digunakan untuk menentukan halaman kerja (kertas)horizontal
atau vertikal.
3)
Size
digunakan untuk menentukan ukuran halaman kerja atau kertas.
4)
Columns digunakan untuk menentukan jumlah kolom di dalam halaman
kerja.
5)
Breaks digunakan untuk menentukan jarak antar kolom halaman.
6)
Line number digunakan untuk menambahkan nomor di setiap baris teks.
7)
Hyphenation digunakan untuk memisahkan suku kata dengan tanda penghubung.
1) Watermark digunakan untuk menambahkan tanda air di background halaman
menggunakan teks atau gambar.
2)
Page color digunakan untuk mengubah warna halaman kerja menggunakan
warna.
3)
Page borders digunakan untuk membuat garis di pinggir halaman kerja.
d. Group Paragraph
1)
Indent digunakan untuk mengatur jarak teks kiri dan kanan.
2)
Spacing digunakan untuk mengatur jarak antara atas dan bawah
paragraph.
1)
Position digunakan untuk menentukan posisi objek gambar.
2)
Bring to fornt digunakan untuk menentukan posisi objek lain dengan yang
lainya.
3) Send to back digunakan untuk mengembalikan objek lain dengan yang
lainya( kebalikan dari Bring to fornt).
4)
Text wrapping digunakan untuk meratakan teks supaya mengikuti objek.
5)
Align digunakan untuk meluruskan posisi objek.
6) Group digunakan untuk menghubungkan antar objek satu dengan yang
lainya supaya lebih mudah mengatur posisi objek.
7)
Rotate digunakan untuk memutar posisi objek gambar.
4.
Tab References
a. Group Table of Contens
1)
Table of Contens digunakan untuk pengelolaan daftar isi.
2)
Add Text digunakan untuk mengelola paragraf terpilih dalam
kaitannya sebagai entri dalam daftar isi yang sudah dibuat.
3)
Update Table digunakan untuk memperbarui daftar isi.
b. Group Footnotes
1)
Insert Footnote digunakan untuk menyisipkan catatan kaki (rujukan
yang berada di bagian bawah halaman atau footer).
2)
Next Footnote berfungsi untuk memantau footnote dan endnote.
3) Icon Show Notes digunakan untuk memperlihatkan lokasi catatan,
baik footnote maupun endnote.
c.
Group
Citation & Bibliography
1)
Insert Citation digunakan untuk menyisipkan kutipan langsung pada
daerah kursor aktif.
2)
Manage Sources digunakan untuk mengelola seluruh sumber kutipan
yang mungkin sudah disisipkan di semua segmen file dokumen.
3)
Menu Style
berfungsi untuk memilih bentuk bibliography yang diinginkan.
4) Menu Bibliography digunakan
untuk menyisipkan daftar pustaka ke dalam file dokumen aktif.
d. Group Captions
1)
Insert Caption digunakan untuk membubuhkan keterangan seputar
ilustrasi atau gambar yang sudah disisipkan.
2)
Insert Table of Figures digunakan untuk menyisipkan daftar isi gambar
yang disisipkan ke dalam dokumen.
3)
Update Table digunakan
untuk melakukan pembaruan terhadap daftar katalog gambar.
4)
Cross-reference berfungsi untuk menyisipkan referensi silang.
e.
Group Index
1)
Mark Entry digunakan untuk menandai masukan baru dalam
dokumen.
2)
Insert index digunakan untuk menyisipkan daftar kata (indeks)
ke dalam dokumen.
3)
Update Index digunakan untuk
memperbarui daftar indeks terkini.
5.
Tab Mailings
a.
Group Create
1)
Envelopes
berfungsi untuk membuat dan mencetak sampul (envelopes).
2)
Labels
berfungsi untuk membuat dan mencetak labels.
b.
Group Start Mail Merge
1)
Start
Mail Merge untuk membuat surat yang biasa atau berupa email untuk banyak orang.
2)
Select
Recipients untuk membuat daftar penerima surat.
3)
Edit
Recepient List untuk mengubah daftar penerima surat.
c.
Group Write & Insert Fields
1)
Highlight
Merge Fields untuk mempermudah mengubah informasi yang salah.
2)
Address
Block untuk memasukkan alamat pada surat yang akan dituju.
3)
Greeting
Line untuk menambah nama sapaan.
4)
Insert
Merge Field untuk menambah informasi mengenai penerima surat.
d.
Group Preview Results
1)
Preview
Results untuk melihat hasil surat yang dibuat dan daftar penerima surat.
2)
Find
Recipient untuk mencari daftar penerima surat.
e.
Group Finish
Finish&
Merge untuk mengetahui bahawa surat yang dibuat sudah lengkap.
6.
Tab Review
a.
Group Proofing
1)
Spelling&Grammer adalah
untuk memeriksa ejaan.
2)
Research adalah
untuk membuka panel penelitian referensi.
3)
Thesaurus adalah untuk memberikan saran yang
sepadan.
4)
Translate adalan untuk menerjemh kan ke bahas
lain.
5)
Translation Screen Tip adalah untuk memungkinkan suatu
screen tipe menerjemahkan kebahasa lain pada kata dikursor yang berhenti.
6)
Set Language adalah untuk mengatur bahasa dengan
mengecek dulu ejaan dan tata bahasa yang terpilih.
7)
Woud Countadalah untuk menemukan banyak kata,
paragraf dan kalimat didalam dokument.
b. Group Comments
1)
New Comments adalah untuk memasukan komentar baru.
2)
Delete adalah untuk menghapus komentar.
3)
Previous adalah
untuk memperlihatkan komentar sebelumnya.
4)
Next adalah untuk memperlihatkan komentar selanjutnya.
c. Group Tracking
1)
Track Changes adalah
untuk menelusuri perubahan yang terjadi pada dokument.
2)
Ballons adalah untuk memilih atau melihat hasil
kerja yang telah direfisi.
3)
Final Showing Markup adalah untuk memilih bagai mana
memandang perubahan yang diusulkan pada dokument.
4)
Show Markup adalan untuk memilih markup seperti apa
untuk menunjukan dokument.
5)
Reviewing Pane adalah untuk menunjukan suatu revisi
pada jendela yang terpisah.
d. Group Changes
1)
Accept adalah untuk menerima perubahan baru dan
mengusulkan perubahan selanjutnya
2)
Reject adalah
untuk menolak perubahan baru dan mengusulkan perubahan selanjutnya
3)
Previous adalah untuk menampilkan refisi
sebelumnya didalam dokumen sehingga dapat meneripa atau pun menolak
4)
Next adalah untuk menampilkan dokumen yang dapat
diterima atau pun ditolak
e. Group Compare
1)
Compare adalah untuk mengkombinasikan berbagai
versi dari dokument.
2)
Show Source Documents adalah untuk menunjukan sumber
dokumen terpilih
f.
Group Protect
Protect
Dokumets
adalah untuk melindungi hasil kerja karena merupakan sebuah privasi.
7.
Tab View
a. Group Documents
Views
1)
Print Layout
adalah untuk melihat hasil kerja yang akan dicetak.
2)
Full Screen
Reading
adalah untuk melihat dan membaca hasil kerja dengan ukuran maksimal.
3)
Wab Layout
adalah untuk melihat hasil kerja wab.
4)
Outline View
adalah untuk melihat hasil kerja sesuai dengan urutan atau bagan.
5)
Draft View
adalah untuk melihat hasil kerja sesuai dengan konsep.
b. Group Show/Hide
1)
Ruler
adalah untuk menampilkan penggaris yang digunakan untuk mengukur objek dalam
dokumen.
2)
Gridliens
adalah untuk menghidupkan gridlines yang dapat menyelesaikan objek dalam
dokument.
3)
Message Bar
adalah untuk membuka tab pesan untuk menyelesaikan tindakan yang diperlukan
pada dokument.
4)
Dokument Map
adalah untuk membuka peta dokument yang memungkinkan anda untuk menavigasi
melalui panduan struktural pada dokument.
5)
Tumnbnails
adalah untuk menavigasi dokument yang panjang melalui gambar kecil dari setiap
halaman.
c. Group Zoom
1)
Zoom
adalah untuk perbesar tampilan dalam dokument.
2)
100%
adalah untuk perbesar hasil lembar kerja kedalam satu halaman normal.
3)
One Page
adalah untuk melihat hasil kerja kedalam satu halaman penuh.
4)
Tow Page
adalah untuk melihat hasil kerja kedalam dua halaman penuh.
5)
Page Width
adalah untuk melihat hasil lembar kerja sesuai dengan lembar halaman.
d. Group Window
1)
New Window adalah untuk membuka jendela
baru yang memperlihatkan dokument tersebut.
2)
Arrange All adalah untuk mengatur semua
jendela program sejajar berdampingan.
3)
Split Window adalah untuk membagi
jendela menjadi beberapa panel yang memperlihatkan lembar kerja anda.
4)
View Side By Side adalah untuk
memperlihatkan jendela berdampingan.
5)
Synchronous Scrolling adalah untuk
membuat jendela menggulung berdampingan.
6)
Riset Window Position adalah untuk
menset ulang jendela berdampingan.
7)
Swicht Window adalah untuk mengalihkan
sebuah bermacam termaksud membuka jendela.
e. Group Macros
Macros
adalah untuk merekam makro atau menerima pengaturan makro lainnya.
2.4
Quick Access Toolbar
Quick Access Toolbar adalah toolbar yang isinya adalah
sejumlah perangkat atau tombol-tombol perintah untuk akses cepat pada saat kita
bekerja menggunakan Microsoft Word. Sebagai contoh, tool Open merupakan
shortcut dari Office Button>Open, atau tool Save merupakan shortcut dari
Office Button>Save.
2.5
Dialog Box Launcher (Tombol Dialog)
Dialog
Box Launcher merupakan kotak dialog yang terdapat pada setiap menu dan dapat
diperbesar dengan cara mengklik ikon panah kecil yang terdapat pada pojok. Funsi
dari Dialof Box Launcher hamper sama dengan toolbar yakni memuat sekumpulan
icon-icon yang berisi perintah-perintah.
2.6
Garis Mistar
Garis mistar digunakan
sebagai penanda posisi tinggi kertas serta merupakan alat bantu dalam mengukur
margin, tabulasi, dan paragraph. Satuan ukuran dapat dipilih sesuai keinginan
seperti centimenter, inchi, millimeter, point, atau pica.Ruler terdiri atas dua
macam, yaitu vertical dan horizontal.
2.7
Baris Status
Baris status adalah
baris yang berisi keterangan yang menunjukkan lembar kerja yang saat itu digunakan/dikerjakan.
Baris status berfungsi
untuk menunjukkan dan memberi informasi tentang
halaman yang ditampilkan, jumlah kata, dan bahasa yang digunakan kepada
pengguna / user.
2.8
Tombol Pengatur Tampilan Kerja
Tombol pengatur tampilan kerja merupakan
bagian yang berisi sederetan tombol perintah untuk bentuk tampilan kerja.Berfungsi
untuk mengatur bentuk tampilan kerja. Ada tiga pilihan tampilan lembar kerja
yaitu page break preview, page layout, dan normal.
2.9
Zoom Level
Zoom level adalah pengatur ukuran
tampilan kerja yang berfungsi untuk mengatur perbesaran dan pengecilan tampilan
lembar kerja.
BAB III
KESIMPULAN
3.1
Kesimpulan
Microsoft Office
Word terdiri atas beberapa elemen, yaitu Office Button, Tab, Group, Quick Access Toolbar, Dialog Box
Launcher (Tombol Dialog), Garis Mistar, Baris Status, Tombol Pengatur Tampilan
Kerja dan Zoom Level. Dimana masing-masing elemen tersebut memiliki fungsi dan
peranan tersendiri untuk membantu kita dalam penyusunan maupun pengeditan
sebuah data.
Untuk Mengunduh File Asli, Silahkan Klik Di sini
Komentar
Posting Komentar